Girls' Generation
adalah grup penyanyi perempuan asal Korea Selatan
yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007. Mereka terdiri dari
sembilan anggota: Taeyeon,
Jessica,
Sunny, Tiffany,
Hyoyeon,
Yuri, Sooyoung,
Yoona,
dan Seohyun.
Penggemar sering menyebut mereka sebagai SNSD,
singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea, "So Nyeo Shi Dae".
Klub penggemar resmi Girls' Generation bernama S♡NE (소원) yang diambil dari
judul lagu dalam album pertama mereka.
Grup ini sudah merilis tiga album studio dan tiga album mini
di Korea, satu album studio di Jepang serta berbagai macam singel. Singel hits
mereka pada tahun 2009, "Gee" menduduki posisi no. 1 di tangga lagu
program musik Music Bank di KBS selama sembilan minggu berturut-turut, menjadikannya
pemegang rekor sebagai lagu yang paling lama berada di posisi no. 1 tangga lagu
tersebut.
Mereka juga memenangi berbagai macam penghargaan pada tahun 2009 dan 2010,
termasuk penghargaan Artis of The Year (Daesang) di Seoul
Music Awards, Golden Disk Awards, Melon Music Awards, dan Korean
Cultural Entertainment Awards.
Girls' Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang
pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records, bagian dari Universal
Music, dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka "Tell Me Your Wish (Genie)"
dan "Gee".
Pendirian
Pembentukan Girls' Generation diumumkan pada 16 Juli
2007. Pada awalnya, mereka
diberi nama Super Girl, versi wanita dari Super Junior[3],
disertai pengumuman resmi profil masing-masing anggota. Sebelum menjadi anggota
Girls' Generation, mereka sudah dilatih sebagai penari dan penyanyi
profesional. Sebagian di antaranya sudah dilatih di bidang akting dan modeling,
serta berpengalaman menjadi model iklan di televisi dan majalah.
Singel dan album pertama: 2007-2008
Acara M! Countdown di M.Net 18 Juli
2007 menjadi tempat
penampilan pertama Girl's Generation. Mereka membawakan lagu "다시 만난 세계 (Into the New World)" yang
dirilis sebagai singel pertama Girl's Generation, Agustus 2007. Singel tersebut
juga berisi dua lagu lain, "Beginning" dan "Perfect For You
(소원)", serta versi instrumental "?다시 만난 세계 (Into the New World)". Judul lagu "Perfect For
You" nantinya berganti judul sebagai "Honey" dalam album perdana
mereka, Girls' Generation. Singel "Into the New World" diikuti
kegiatan promosi. Mereka tampil dalam acara Popular Songs di SBS, Show! Music Core
di MBC, dan Music Bank
di KBS.
Album perdana 소녀시대 (Girls' Generation) dirilis akhir
musim gugur 2007 dengan lagu andalan berjudul sama. Ketika dibawakan Lee Seung Chul, lagu
"Girls' Generation" sukses sebagai lagu hit, tapi ketika dibawakan
mereka, album ini hanya terjual sejumlah 121.143 kopi.[4]
Pada awal tahun 2008, Girls' Generation mulai mempromosikan singel kedua,
"Kissing You" dengan Donghae
dari Super Junior
sebagai bintang tamu.
Pada Maret 2008, album Girls' Generation dirilis
kembali dengan judul berbeda, Baby Baby, dan dirilis singel "Baby
Baby" dari album tersebut. Sementara itu, sebuah album EP digital, Roommate
dari Jessica, Tiffany, dan Seohyun dirilis bulan April 2008. Setelah itu,
Girls' Generation ikut serta dalam konser SMTown Live '08 bersama rekan-rekan
dari SM Entertainment, BoA,
TVXQ, Super Junior,
CSJH the
Grace, Zhang Liyin, dan SHINee. Tur
keliling juga dilangsungkan di Thailand dan RRC.
Puncak kesuksesan: 2009
Pada Januari 2009, Girls' Generation merilis album mini Gee[5]
Singel berjudul sama dari album Gee langsung menjadi lagu terpopuler di Cyworld pada hari
berikutnya,[6]
dan menempati urutan nomor satu semua tangga lagu digital dalam dua hari
berikutnya.[7]
Dalam rangka promosi album Gee, mereka muncul dalam
acara Show! Music Core bulan Januari 2009.[8]
Mereka membawakan lagu "Gee" dan "Him Nae/Way To Go" yang
juga berasal dari album mini Gee. Di tangga lagu M.Net, "Gee"
menjadi pemegang rekor lagu nomor satu yang bertahan paling lama (8 minggu)
mengalahkan "Nobody"
dari Wonder Girls.[9][10]
Girls' Generation menempati peringkat pertama 9 minggu berturut-turut dengan
lagu "Gee",[11],
sekaligus memecahkan rekor acara Music Bank di KBS yang sebelumnya dipegang oleh Jewelry dengan "One
More Time" (7 minggu berturut-turut).[12]
Mereka kembali dengan singel baru mereka "Sowoneul
Malhaebwa (Genie)" (bahasa Korea: "소원을 말해봐", "Tell Me Your Wish") yang
dirilis secara digital, 22 Juni 2009.[13][14]
Album mini ini menampilkan duet Jessica dan anggota Shinee yang
bernama Onew.[15]
2010: Album kedua, Album kedua repackage, debut di Jepang dan Hoot
Pada bulan Januari, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa
Girls' Generation akan merilis album keduanya, Oh!
pada tanggal 28 Januari.[16]
Singel utama dari album tersebut yang berjudul "Oh!" dirilis secara
digital pada 25 Januari disusul dengan video klipnya yang dirilis dua hari
setelahnya.[17]
Lagu tersebut langsung menduduki peringkat pertama dalam berbagai chart musik
hanya dalam waktu beberapa saat setelah dirilis.[18]
Dengan lagu "Oh!", Girls' Generation berhasil memenangi K-Chart 5
minggu berturut-turut pada acara KBS Music Bank, serta 3 kali kemenangan di SBS
Inkigayo.[19]
Video klip dari lagu tersebut juga sangat populer, terbukti dengan mendapat
peringkat pertama sebagai video yang paling banyak ditonton pada tahun 2010 di Youtube
Korea dan Hongkong, serta masuk jajaran 10 teratas di Taiwan dan Jepang.[20]
Dan juga perilisan Second Album Repackage yang disebut juga Black Soshi,
disitu mereka menampilkan Run Devil Run yang sedikit tayang pada MV Terakhir
Oh!
2011: Mr. Taxi, album Jepang pertama dan The Boys
Album mini "Hoot" disertifikasi Gold oleh Record Industry
Association of Japan dengan penjualan yang telah melebihi 100.000 kopi.[21]
Pada awal tahun 2011, Girls' Generation mempersiapkan sebuah lagu baru berjudul
"Visual Dreams", sebagai bagian dari promosi untuk prosesor Intel
Core generasi kedua di Asia.[22]
Video klip untuk "Visual Dreams" dirilis tanggal 17 Januari yang
disertai berbagai macam kampanye promosi termasuk musik baru, video klip 2D dan
3D, situs internet, foto-foto dan display di toko-toko komputer.[23]
Pada pertengahan Januari diumumkan bahwa mereka akan akan
kembali ke pasar musik Jepang dengan perilisan versi bahasa Jepang dari "Run Devil Run"
sebagai singel digital, dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Januari 2011.[24]
Tanggal 20 Januari, di Seoul Music Awards ke-20
mereka menerima penghargaan Artist of the Year, Bonsang prize, Popularity
Award dan Hallyu Award. Dengan ini Girls' Generation menjadi
satu-satunya artis di sejarah musik Korea selain Seo Taiji, Jo Sungmo dan H.O.T. yang berhasil
memenangkan penghargaan Artist of the Year dua tahun berturut-turut di Seoul
Music Awards. Mereka juga menjadi satu-satunya girl group dalam
sejarah yang menerima penghargaan Artist of the Year di Seoul Music
Awards, dan Melon Music Awards selama dua tahun berturut-turut. [25]
Girls' Generation menerima gelar Korea's No. 1 Power
Celebrity dari Forbes
Korea.[26]
Mereka tampil di konser ulang tahun ke-50 stasiun televisi MBC, Korean Music
Wave in Bangkok di Thailand pada 12 Maret 2011 yang menandai penampilan pertama
mereka di Thailand sejak Pattaya Music Festival bulan Maret 2009.
Tanggal 8 Maret, Universal Music Japan memberikan informasi
di situs resmi mereka tentang perilisan singel ketiga dan tur konser Jepang
pertama Girls' Generation. Pada tanggal 27 April Girls' Generation akan merilis
album singel Jepang ketiga "Mr. Taxi/Run Devil Run" yang di
dalamnya terdapat lagu original berbahasa Jepang mereka yang pertama "MR.
TAXI"[27]
dan versi bahasa Jepang dari lagu Korea mereka "Run Devil Run".
Sebagian keuntungan dari penjualan singel tersebut akan disumbangkan ke Palang Merah
Jepang untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami Sendai 2011.[28]
Saat itu diumumkan juga bahwa Girls' Generation akan menggeIar konser keliling
Jepang bertajuk "The 1st Japan Arena Tour" yang akan
dimulai di Osaka pada 31 Mei. Total sebanyak 14 konser di 6 kota akan
berlangsung selama satu setengah bulan.[29]
Di 2011 MTV
Video Music Aid Japan (VMAJ), Girls' Generation dinominasikan di
tiga kategori yaitu "Best Group Video", "Best Video Of The
Year" dan "Best Karaokee! Song".[30]
Girls' Generation membawakan dua lagu di acara yang juga dihadiri oleh
artis-artis terkenal dunia seperti Tokio Hotel dan Lady Gaga
tersebut.[31]
Pada tanggal 2 Juli, diumumkan bahwa mereka memenangkan dua dari tiga nominasi
yaitu "Best Group Video" dan "Best Karaokee! Song" untuk
"Genie".[32]
Tanggal 1 Juni 2011, mereka merilis album studio Jepang
pertama yang bertajuk Girls' Generation.
Album ini memuat 12 lagu termasuk singel "Genie", “Gee”, "Run
Devil Run", "Mr. Taxi" dan versi Jepang dari "Hoot".[33]
Album Girls' Generation
disertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan pada
14 Juni 2011 dan Double Platinum pada 8 Juli 2011.[34][35]
Grup ini juga mencetak rekor sebagai artis luar negeri dengan total penjualan
album pertama tertinggi di Jepang. Girls' Generation adalah artis keempat yang
mencapai posisi nomor 1 di chart album mingguan Oricon setelah BoA, TVXQ dan Big Bang,[36]
dan menjadi artis Korea ketiga yang melewati angka penjualan 500.000 kopi
setelah BoA dan TVXQ. Seiring dengan popularitas mereka yang semakin bertambah,
Girls' Generation pun menjadi artis luar negeri berpenghasilan tertinggi di
Jepang pada paruh pertama tahun 2011.[37]
Album Girls' Generation
telah terjual sebanyak lebih dari 629.436 keping, menjadikannya sebagai album
oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga
lagu Oricon.
Belakangan ini, Girls' Generation sedang sibuk dengan tur
Asia kedua mereka. Dua konser pertama telah diselenggarakan di Seoul pada 23 dan 24 Juli,
diikuti dengan konser di Taipei, Taiwan tanggal 9, 10 dan 11 September, serta di Singapura
pada 9 dan 10 Desember.
Girls' Generation dinamai "The Most Influential
Entertainers in Korea" untuk tahun 2011 oleh SISA Press setelah pada
tahun sebelumnya berada di posisi keenam.[38]
Pada tanggal 26 September 2011 S.M. Entertainment
mengumumkan bahwa Girls' Generation akan kembali dengan album Korea ketiga
mereka "The Boys. Foto teaser pertama yang
menampilkan Taeyeon dirilis pada hari itu juga, disusul oleh Sunny dan Hyoyeon
pada 27 September, Jessica, Sooyoung dan Tiffany pada 28 September serta Yoona,
Yuri, dan Seohyun pada 29 September. Video teaser pertama untuk "The Boys"
dirilis pada 1 Oktober 2011 melalui kanal YouTube milik S.M. Entertainment.[39]
Girls’ Generation pada awalnya dijadwalkan untuk merilis
album ketiga "The Boys" lewat iTunes dan
berbagai situs musik di Asia termasuk Korea pada 5 Oktober 2011. Namun pada 30
September diumumkan bahwa peluncuran album tersebut telah ditunda karena adanya
diskusi tentang perilisan album ini di seluruh dunia, yang detailnya akan
segera diungkap segera setelah tercapai kesepakatan.[40][41]
Pada 10 Oktober dikonfirmasi bahwa album tersebut akan dirilis pada 19 Oktober
2011 dan Girls' Generation akan membawakan lagu "The Boys" untuk
pertama kalinya di acara Music Bank di KBS pada 21 Oktober.[42]
Sebagai langkah pertama mereka dalam menembus pasar musik
internasional, Girls' Generation menanda tangani kontrak dengan label Amerika
Serikat Interscope Records yang merupakan anak
perusahaan Universal Music Group.[43]
Singel utama album ketiga mereka, "The Boys"
dirilis dalam dua bahasa yaitu Korea dan Inggris. Lagu tersebut diciptakan dan
diaransemen oleh Teddy Riley yang pernah
menjadi produser Michael Jackson.[44]
Hanya dalam waktu beberapa menit setelah "The
Boys" dirilis, album tersebut langsung menduduki ranking pertama di berbagai
tangga lagu situs musik. Pada tanggal 21 Oktober, Girls' Generation memulai
promosi mereka untuk album ketiga dengan membawakan lagu "The Boys"
dan "Mr. Taxi(Korean ver.)" di Music Bank.
Girls' Generation dikonfirmasi akan merilis singel maxi (album mini) "The
Boys" di Amerika Serikat pada 29 November, namun belakangan tanggal
perilisan tersebut kemudian diundur sampai 25 Desember 2011.
Seminggu setelah penampilan comeback mereka, Girls'
Generation memenangkan penghargaan pertama untuk "The Boys"
di M! Countdown
pada 27 Oktober, kedua di Music Bank pada 28 Oktober dan yang ketiga
pada 30 Oktober di Inkigayo. The Boys terjual sebanyak 227.994 kopi
selama 12 hari dan menjadi album yang paling banyak terjual di Korea Selatan
untuk bulan Oktober.[45]
Pada tanggal 11 November dikabarkan bahwa Girls' Generation
akan merilis buku foto resmi pertama mereka di Jepang yang berjudul “Holiday”.
Selain itu dokumentasi tur konser Jepang pertama mereka akan tersedia baik
dalam bentuk blu-ray
maupun DVD dan akan dirilis pada 14 Desember.[46]
"Holiday" menembus posisi no. 1 dalam kategori fotografi di chart
penjualan buku di Jepang. Buku tersebut memuat koleksi foto mereka saat
menikmati liburan, dan berhasil terjual lebih dari 17.000 eksemplar hanya dalam
waktu satu minggu.[47]
pada tanggal 29 November Girls' Generation tampil dalam acara M'Net Asian Music
Award 2011 dengan menampilkan lagu The Boys dalam versi remix. Dalam acara itu
pula Girls' Generation mendapatkan dua penghargaan sebagai Best Female Group
dan Artist Of The Year.
Girls' Generation ikut berpartisipasi dalam album kompilasi
"2011 Winter SMTown: The Warmest Gift"
dengan lagu berjudul "Diamond". Album tersebut dirilis pada 13
Desember 2011.[48]
2012: Girls'Generation On 26th Golden Disk Awards & 21st Seoul Music Awards
Pada tanggal 12 Januari kemarin, mereka menghadiri acara
26th Golden Disk Awards dan membawa pulang 2 penghargaan, yaitu "Daesang
Digital" dan "Bonsang Digital". Lalu pada 19 Januari kemarin,
mereka menghadiri acara 21st Seoul Music Awards, Girls' Generation
memenangkan beberapa penghargaan dan masuk dalam beberapa nominasi, yaitu
Hallyu Special Award (nominasi), Daesang Award (nominasi), Popularity Award
(menang), dan Bonsang Award (menang) . Selain itu, mereka juga memenangkan 2
penghargaan dari Japan Gold Disc Awards,
yaitu "Album of the Year (Asia)" dan "Best 3 Albums (Asia)"
. Mereka juga memenangkan penghargaan "Special Award for Female
Category:Singer" yang diberikan oleh Japan Best
Jewellery Wearer Awards dalam acara 23rd Japan Best Jewellery Wearer
Awards [51].
Lalu pada tanggal 22 Februari kemarin, mereka memenangkan 2 penghargaan dari Gaon Chart Awards, yaitu
"Album of The Year for the 4th Quarter" dan "Oricon Hallyu
Singer Award". Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 24 Februari, mereka
meluncurkan teaser dari single dan album mereka "The Boys" dan
meluncurkan full videonya yang berjudul "Time Machine" pada tanggal 3
Maret kemarin .
0 Stalker(s):
Post a Comment
Send Your Comment Here as appreciate of my works ε(•̃⌣•̃)з
╭(*⌒з⌒)♡Thank You and Enjoy My Blog♡(⌒ε⌒*)ノ